34 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Alami di Rumah

Saat memasuki musim penghujan bisanya akan banyak gerombolan nyamuk yang bertamu ke rumah-rumah tanpa permisi. Keberadaan nyamuk ini sangat menganggu, terlebih ketika menjelang tidur, pasti tidak sedikit orang yang kesulitan tidur akibat gigitan nyamuk. Untuk mengatasi hal ini bisa dengan cara alami yakni memelihara tanaman pengusir nyamuk di dalam rumah.

Sama halnya dengan tanaman tahan panas matahari, jenis tanaman yang bisa mengusir nyamuk memang menyimpan alasan tersendiri mengapa nyamuk dan serangga kecil lain, seperti lalat, tidak menyukainya. Kebanyakan karena aroma yang dihasilkan begitu menyengat sehingga membuat nyamuk pergi.

Ada banyak sekali jenis tanaman pengusir nyamuk yang bisa dipelihara di dalam ataupun luar rumah (indoor dan outdoor). Beberapa mungkin sudah familiar di telinga Anda, namun ada juga yang tidak. Untuk lebih jelasnya, silakan Anda simak beberapa nama tumbuhan pengusir nyamuk yang akan tanamtanaman.com sebutkan berikut ini.

Serai Wangi

serai-wangi

Sereh atau serai wangi adalah tanaman perdu yang sering digunakan oleh para ibu rumah tangga sebagai bumbu masakan. Tanaman serai wangi selain berguna untuk campuran bumbu masakan, ternyata juga mampu membuat nyamuk minggat dari rumah dikarenakan mengandung sitronnellol dan geraniol yang banyak. Kandungan tersebut mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk, dan bahkan, zat sitronnellolnya bisa membuat nyamuk mati.

Lemon Balm

lemon-balm

Tanaman herba bernama lemon balm berasal dari keluarga mint Lamiaceae dan pertama kali ditemukan di Eropa, Afrika Utara, Asia Tengah, dan Mediterania. Di Indonesia, lemom balm digunakan untuk makanan, minuman, dan bahan obat. Salah satu kehebatan dari lemon balm adalah kemampuannya untuk mengusir nyamuk yang ada di sekitar rumah.

Catnip

catnip

Ibaratnya, catnip ini adalah tumbuhan ganja bagi kucing. Catnip yang dijilat dan dikunyah oleh kucing akan membuat kucing bertingkah lucu di sekitar tanaman, sehingga banyak yang mengira kucing tersebut sedang berfantasi akibat catnip. Catnip ini juga termasuk tanaman pengusir nyamuk dan pengusir tikus, lho.

Marigold

bunga-marigold

Marigold merupakan jenis tanaman hias bunga yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Marigold di Indonesia lebih akrab dengan sebutan kenikir. Pada beberapa tempat, marigold juga disebut sebagai bunga tahi ayam dikarenakan mengeluarkan aroma yang tak begitu sedap. Aroma tersebut ternyata tidak disukai oleh nyamuk sehingga marigold menjadi tanaman yang bisa mengusir nyamuk dengan cara yang indah.

Daun Selasih

daun-selasih

Tanaman untuk mengusir nyamuk berikutnya adalah daun selasih. Tentu Anda sudah familiar dengan nama selasih, bukan? Selasih dengan nama latin Ocimum basillicum (disebut juga daun basil) merupakan tanaman semak tahunan yang bisa Anda tanam di dalam ruangan. Selain memperindah ruangan, keberadaan selasih juga membantu Anda untuk menghalau komplotan nyamuk yang berterbangan di dalam rumah Anda. Selain ditanam di dalam ruangan, selasih juga bisa diletakkan di luar ruangan, peletakannya di dekat pintu atau jendela.

Bunga Lavender

bunga-lavender

Baik pecinta tanaman ataupun bukan, pasti sudah tidak asing dengan bunga yang cantik ini. Lavender merupakan tanaman hias yang berguna untuk mengusir serangga penghisap darah bernama nyamuk yang bersemayam di rumah Anda. Kehebatan lavender sendiri tidak perlu dibuktikan lagi sebab bunga lavender telah banyak dijadikan bahan utama untuk membuat lotion anti-nyamuk.

Bawang Putih

bawang-putih

Rempah yang dapat dijumpai dengan mudah di Indonesia, bawang putih, juga merupakan tanaman pengusir nyamuk paling ampuh. Di India, ada minyak oles untuk mencegah gigitan nyamuk dan serangga selama 8 jam yang di dalamnya terkandung 1% ekstrak minyak bawang putih. Belum sampai di situ, bawang putih ternyata juga bisa untuk membunuh larva nyamuk karena mengandung zat belerang.

Pennyroyal

pennyroyal

Pennyroyal adalah tanaman yang paling ditakuti nyamuk berikutnya. Pennyroyal sendiri merpakan tumbuhan yang meranmbat kecil dengan cluster bunga warna ungu. Tumbuhan rambat yang secara tradisional digunakan untuk mengusir nyamuk, kutu, dan tikus ini masih berkeluarga dengan minta (Lamiaceae). Pennyroyal kerap digunakan sebagai bahan utama untuk membuat produk penolak serangga dengan cara alami.

Bunga Rosemary

bunga-rosemary

Rosemary adalah tanaman yang tahan banting terhadap panas matahari, dapat tumbuh melalui pencangkokan, dan tahan dari penyakit juga hama. Tanaman dengan bunga yang berwarna cantik ini bisa mengeluarkan aroma wangi yang dapat mengacaukan indera penciuman dan daya efektivitas radar nyamuk. Dikarenakan bau yang cukup menyengat tersebut, tanaman ini bisa menjadi andalan untuk Anda yang sudah lama jengkel dengan keberadaaan nyamuk di dalam rumah.

Bunga Geranium

bunga-geranium

Selain tanaman anti nyamuk rosemary, ada juga geranium atau lebih umum dengan nama bunga tapak dara. Bunga dengan kelopak yang berbentuk cantik dan berwarna indah ini juga bisa ditanam di sekitar rumah Anda, semisal dinding luar dekat pintu. Kehadiran geranium bisa mencegah gerombolan nyamuk untuk menyelinap masuk ke dalam rumah Anda.

Zodia

zodia

Zodia menjadi tumbuhan endemik Indonesia yang sudah dikenal oleh masyarakat Papua. Mereka biasa menggunakan tanaman ini untuk mengusir serangga dengan cara mengusapkan daun zodia ke seluruh badan. Tanaman pengusir nyamuk indoor ini bisa ditanam di dalam pot dan diletakkan di dalam rumah ataupun di luar ruangan sebagai tanaman pengusir nyamuk terbaik dengan cara mengeluarkan aroma khas yang pastinya tidak disukai oleh serangga dan nyamuk.

Citrosa Mosquito

citrosa-mosquito

Dibanding melakukan pencegahan dengan mengusapkan losion anti-nyamuk tiap kali mau tidur, mengapa Anda tidak tanam citrosa mosquito saja di pojok teras halaman rumah Anda?. Citrosa mosquito adalah tumbuhan yang bisa tumbuh dengan pencahayaan matahari dan kebutuhan air yang banyak. Keberadaan citrosa mosquito sebagai tanaman luar ruangan bisa mengusik kenyamanan nyamuk dengan mengeluarkan aroma jeruknya yang sangat khas dan tajam.

Kecombrang

kecombrang

Kecombrang (torch ginger) dikenal baik oleh masyarakat Indonesia sebagai campuran bumbu masakan dikarenakan rasanya yang enak, biasanya sebagai campuran bumbu sayur atau sup. Selain dijadikan bahan makanan, kecombrang bisa juga digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Aroma yang dimiliki oleh kecombrang terasa asam sehingga para nyamuk akan menjauh dari rumah Anda.

Akar Wangi

akar-wangi

Jika tadi ada serai wangi, sekarang ada juga akar wangi. Rumput akar wangi merupakan tumbuhan yang berasal dari India. Keberadaannya di Indonesia tidak ada yang tahu sejak kapan. Yang pasti, akar wangi termasuk jenis tanaman pengusir nyamuk demam berdarah alami yang ternyata sudah lama juga dijadikan parfum dan losion untuk memberi perlindungan bagi kulit dari gigitan nyamuk.

Mintrosa of Lady Diana

mintrosa-of-lady-diana

Berasa dari Belanda, dan tidak banyak yang mengerti mengapa mendapatkan nama yang sama dengan mantan istri Pangeran Charles. Namun yang pasti, Mintrosa of Lady Diana dapat mengeluarkan aroma yang sangat tajam dan sangat tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman ini bisa Anda beli di toko tanaman atau menanamnya sendiri di dalam pot lalu menempatkannya di halaman rumah.

Suren

suren

Suren adalah tanaman dari keluarga Meliaceae yang termasuk ke dalam tanaman tahunan. Suren sendiri merupakan tumbuhan berbentuk pohon yang pertumbuhannya tergolong cepat. Daun kulit kayu pohon suren mempunyai aroma yang cukup tajam, biasa digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk dan lalat. Selain itu, kulit batang suren juga digunakan sebagai bahan mentah insektisida nabati yang sebetulnya tidak direkomendasikan karena bisa mengganggu pertumbuhan tanaman.

Bunga Krisan

bunga-krisan

Krisan adalah bunga hias yang bisa memperindah ruang rumah Anda. Bunga krisan yang cantik ini ternyata menjadi musuh besar para nyamuk. Hal tersebut dikarenakan krisan mengeluarkan aroma yang dibenci oleh nyamuk sehingga keberadaannya akan membantu rumah Anda bebas dari serbuan nyamuk. Tanaman penghalau nyamuk dengan penampilan yang mempesona ini bisa Anda tanam di dalam pot atau polybag.

Bunga Kamboja

bunga-kamboja

Kamboja diidentikkan dengan bunga keramat karena pertumbuhannya kerap dijumpai di tempat-tempat yang tidak biasa, seperti makam. Terlepas dari anggapan mistis dari masyarakat, kamboja termasuk tanaman yang tahan panas matahari dengan bunga yang indah, awet, dan harum. Keharuman yang dipancarkan oleh kamboja ternyata hanya disukai oleh manusia, namun tidak bagi nyamuk sehingga banyak orang yang sengaja menanam kamboja sebagai tanaman pembasmi nyamuk alami di rumah dengan melakukan ekstraksi terhadap bunga kamboja.

Cengkeh

cengkeh

Cengkeh adalah bumbu rempah yang juga banyak dmianfaatkan sebagai bahan obat. Cengkeh atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut cloves ini mempunyai tangkai bunga kering yang mengeluarkan aroma cukup harum, namun tidak disukai oleh nyamuk. Aroma yang cukup khas dari cengkeh tersebut ternyata disukai oleh banyak orang sehingga cengkeh dijadikan bahan dasar pembuatan rokok kretek di Indonesia.

Kayu Putih

kayu-putih

Jika Anda mempunyai halaman rumah yang kosong, coba tanami dengan kayu putih. Kayu putih merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyaman tanpa gangguan dari nyamuk. Kayu putih bisa ditanam di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan. Tanaman kayu putih akan bekerja seharian untuk menangkal nyamuk dengan mengeluarkan aroma yang khas.

Itulah jenis tanaman pengusir nyamuk alami paling ampuh di dalam rumah. Selain nama-nama tersebut, masih ada lagi tanaman yang terbukti ampuh dalam menangani nyamuk, seperti Bee Balm, Cadaga Tree (Eucalyptus torelliana), Catmint, Cedars, Ageratum, Cymbopogon citrates, Pelargonium crispum, Lemon Thyme, Lemon Verbena, Nodding Onion, Pitcher Plant, Artemisia, Snowbrush, dan Tea Tree.

Leave a Reply