28 Jenis Tanaman Hias Bonsai Terbaik di Indonesia

Bonsai adalah tanaman hias berukuran mini yang ditanam di dalam pot atau di atas batu. Bonsai yang termasuk seni pemangkasan tanaman atau pohon ini sudah ada sejak lama di Indonesia. Ada banyak sekali tanaman yang bisa dijadikan bonsai. Berikut tanamtanaman.com ulas beberapa jenis tanaman hias bonsai terbaik di Indonesia yang mempunyai nilai estetika tinggi.

jenis-jenis-tanaman-hias-bonsai

Asam Belanda

Bagi penggemar bonsai, tentu sudah tidak asing dengan asam belanda. Asam belanda atau asem londo merupakan pohon yang biasa ditemui di jalan-jalan sebagai pohon peneduh yang cukup rindang. Pohon asam belanda yang tumbuh tinggi menjulang dengan batang dan cabang yang tak beraturan mengandung nilai seni tersendiri yang cukup memikat hati.

Pohon asam belanda (pitchecolobium Dulce) merupakan jenis tanaman yang bisa dibonsai. Pohon asam belanda cenderung mandiri, tidak rewel dan tidak manja, asalkan mendapatkan perawatan secukupnya. Asam belanda yang dibuat menjadi tumbuhan bonsai mempunyai tampilan batang yang terlihat tua sehingga membuatnya banyak dicari. Keunggulan dari pohon bonsai asam londo adalah bisa menganut hampir semua jenis bonsai.

Asam Jawa

Selain asam belanda, ada juga pohon asam jawa yang termasuk ke dalam jenis tanaman hias bonsai terbaik. Alasannya asam jawa menjadi pilihan tanaman terbaik untuk dijadikan pohon bonsai karena mempunyai struktur batang yang kuat dan ulet sehingga tidak gampang patah ketika dibentuk ke pola tertentu sesuai keinginan pemiliknya.

Di samping itu, alasan lain mengapa bonsai asam jawa banyak dipilih karena pembuatannya yang tidak terlalu sulit. Setiap orang bisa membuatnya sendiri, meskipun dia bukan seorang ahli bonsai ataupun pecinta tanaman yang sudah lama berkecimpung dalam seni mengerdilkan tanaman ini.

Beringin

Berdasarkan perkembangannya, bonsai beringin telah berhasil mengalahkan pamor dari bonsai asam belanda ataupun asam jawa. Bonsai beringin lebih disukai karena selain mempunyai badan yang besar, beringin juga tidak mudah mati. Selain itu, bonsai beringin juga mempunyai karakter bentuk batang dan akar yang atraktif sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Bonsai beringin tidak gampang mati dikarenakan mempunyai daya tahan dan kemampuan adaptasi terhadap lingkungan geografis di Indonesia yang sangat tinggi. Bonsai beringin mampu mencapai umur yang sangat panjang. Beberapa pohon beringin yang dibonsai diketahui mempunyai nilai estetika yang tinggi dikarenakan tampilannya yang menarik dan cara membuat bonsai beringin terbilang cukup sulit. Hal tersebut yang membuat bonsai beringin bisa dijual dengan harga yang mahal.

Kimeng

Jenis tanaman untuk dibuat bonsai berikutnya adalah kimeng. Kimeng yang juga termasuk dalam jenis beringin merupakan pohon yang mudah tumbuh. Tampilan bonsai kimeng tidak jauh berbeda dengan jenis beringin lain, mempunyai batang dan daun yang serupa. Perbedaannya, pada bagian batang dan ranting bonsai kimeng berwarna lebih putih terang dibanding jenis bonsai beringin lainnya.

Kimeng yang juga dikenal sebagai Cina Bayan, Malayan Banyan, Tirai ara, dan India Laurel, adalah beringin yang bertapak mula di Sri Lanka lalu ke India, China bagian selatan, Kepulauan Melayu, Australia, dan New Caledonia. Bonsai kimeng yang dibuat dan dirawat hingga mempunyai ukuran yang besar serta menawarkan bentuk yang eksotik bisa membuat nilai seni dan harga jualnya tidak murah.

Cemara Udang

Cemara udang juga termasuk jenis tanaman yang bisa dibuat bonsai. Tumbuhan atau pohon dengan daun yang lancip pada bagian ujungnya seperti jarum ini juga sering disebut sebagai cemara jarum. Selain bentuk daunnya yang unik, cemara udang juga mempunyai batang yang besar dan keras sehingga tidak heran bila banyak yang menyulap cemara udang menjadi pohon bonsai mini.

Bonsai cemara udang dapat tumbuh tinggi dan berukuran besar. Keberadaan pohon cemara udang mini yang hidup di dalam pot bisa membuat rumah lebih indah. Untuk memperoleh cemara udang, ada biaya yang perlu dikeluarkan. Tidak terlampau mahal, tapi tetap mengantongi nilai keindahan yang tinggi.

Jeruk Kingkit

Jeruk kingkit termasuk salah satu jenis tanaman yang cocok untuk bonsai di dalam pot. Banyak sekali pecinta atau kolektor tanaman bonsai dalam pot dangkal yang memelihara bonsai jeruk kingkit sebagai hiasan yang memperindah rumah. Mereka memilih jeruk kingkit karena mempunyai karakter pohon yang ideal untuk dibentuk menjadi bonsai berkualitas tingi.

Jeruk kingkit termasuk tipe tanaman yang mudah tumbuh dan tahan terhadap perlakuan pemangkasan cabang. Pohon perdu kerabat jeruk-jerukan ini mempunyai ukuran daun yang relatif kecil dengan hasil buah kecil-kecil berwarna merah pekat untuk menambah estetika bonsai jeruk kingkit.

Kelapa

Bagi penghobi tanaman bonsai, tentu sudah sangat familiar dengan bonsai kelapa. Bahkan di Internet, sudah tersebar banyak sekali informasi mengenai cara membuat bonsai kelapa. Pohon kelapa diketahui sebagai tanaman yang lama tumbuh, tetapi dikarenakan identik dengan lingkungan yang sejuk, membuat banyak orang rela mengorbankan kesabarannya untuk menciptakan pohon kelapa mini.

Ada beberapa jenis kelapa yang dapat dijadikan bonsai, seperti kelapa gading susu, kelapa gading merah, dan kelapa albino. Kelapa gading susu mempunyai warna putih, biasanya ditanam di taman sebagai pengganti pohon palem. Kelapa gading merah mempunyai warna merah kekuning-kuningan yang cantik dan bentuk unik. Sedangkan kelapa albino mempunyai warna batang yang putih silver seperti albino.

Santigi

Jenis tanaman yang dapat dijadikan bonsai berikutnya adalah santigi. Bagi Anda yang masih asing dengan namanya, santigi yang dalam nama latinnya Phemphis adicula ini umumnya tumbuh di sekitar tepi pantai, di atas bebatuan ataupun daratan pantai yang menjorok ke arah laut. Karakter utama dari pohon bonsai yang menjadi daya tarik itu dari bentuknya yang menjorok ke arah samping.

Para penghobi bonsai banyak yang rela mengeluarkan uangnya (meski dalam jumlah besar) hanya untuk memiliki bonsai santigi. Bonsai santigi memunyai gaya batang, akar, dan kulit batang yang menawan. Keeksotisan bonsai santigi didukung dengan kesan tua yang dihadirkan oleh kulit batangnya. Untuk membuat bonsai santigi, diperlukan keahlian khusus dan kesabaran yang ekstra besar. Selain itu, para kolektor juga harus siap untuk menerima beberapa risiko bahwa bonsai santigi bisa saja tiba-tiba mati.

Adenium

Adenium adalah pohon kamboja dari Jepang. Tanaman ini mudah tumbuh di berbagai media tanam seperti pasir, kompos, dan tanah. Adenium sudah sering dijadikan tanaman hias bonsai karena mempunyai bentuk yang unik dan pembuatan bakalan bonsai adenium terbilang mudah. Ada banyak jenis adenium, seperti dari warna bunganya yang merah, kuning, pink, atau aneka warna lain. Bonsai adenium juga memukai karena bentuk batangnya yang berkelak-kelok indah.

Bunga Kertas

Tanaman hias yang diminati banyak orang, bunga kertas atau bugenvil, bisa memanjakan mata ketika ditanam di sekitar rumah. Bunga yang cantik ketika sudah mekar, dengan tampilan batang yang kekar membuat kembang kertas (dalam bahasa Jawa) menempatkan diri sebagai primadona para penggemar bonsai.

Loa
Pohon Loa (Ficus racemosa) merupakan tumbuhan asli yang banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara dan benua India. Di Indonesia, ada beberapa hujan tropis yang di dalamnya terdapat pohon Loa. Pohon Loa dengan daun rimbun banyak dimanfaatkan sebagai tanaman rindang. Untuk penggemar bonsai, pohon Loa banyak dijadikan sebagai bakalan bonsai loa. Dalam dunia senia mengerdilkan tanaman, diketahui bahwa bonsai loa yang mengantongi kriteria baik dapat laku dengan harga mencapai jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

Sawo

Tanaman sao bisa tumbuh liar dan bisa juga dibudidayakan. Tanaman ini sudah masuk ekke Indonesia sejak lama, bisa hidup di dataran dengan ketinggian 1200 meter dari permukaan laut. Sawo termasuk tanaman tahunan yang berbuah tanpa mengenal musim. Pohon sawo yang terkesan biasa, ternyata juga mempunyai karakteristik sehingga menjadikannya cocok dimasukkan sebagai jenis tanaman hias bonsai terbaik.

Kemuning Jepang

Kemuning jepang mempunyai bentuk akar yang proporsional disertai pertumbuhan cabang yang merata. Struktur cabang dan batang pada kemuning jepang membuatnya cocok untuk dijadikan bakalan bonsai dengan batang yang tegak lurus ke tengah seperti bentuk dasar bonsai Sapu Tegak atau Hokidachi. Bonsai kemuning jepang dikatakan memiliki gaya yang indah apabila percabangan dahannya rapi dan titik persebaran dahan dan rantingnya ke segala arah.

Pinus

Pinus atau tusam juga termasuk tumbuhan yang bisa dijadikan tanaman hias bonsai. Pohon tusam kebanyakan bersifat berumah satu yang maksudnya dalam satu tumbuhan ada organ jantan dan organ betin namun keberadaannya terpisah. Pada beberapa tempat di Indonesia, pinus juga biasa dipanggil dengan sebutan damar bunga.

Sianto

Nama lain dari Sianto adalah Cherry Brasil, Cherry Suriname, atau Cayenne Cherry. Tanaman dari keluarga Myrtaceae yang berasal dari Amerika Selatan, sianto, tumbuh diantara semak-semak, mempunyai bentuk kerucut, dan pertumbuhannya berangsur mencapai tinggi 8 meter.

Daging buah rasa manis asam, tergantung pada kultivar dan derajat kematangan. Pohon sianto bisa digunakan sebagai bonsai karena mempunyai daun dan batang yang unik dengan warna putih dan keras. Begitupun dengan akarnya yang unik dan mudah ditanam.

Kupa Landak

Kupa landak atau anggur Brazil merupakan tanaman yang cukup ideal untuk dijadikan bonsai. Pohon kupa landak mempunyai kulit dan batang yang sangat eksotis. Bagian ranting yang tumbuh merapat mengindetikkan tanaman ini bisa tumbuh di kawasan tropis, seperti pegunungan. Bagian daunnya berukuran kecil dengan pupus kemerahan. Termasuk tanaman yang cepat berbuah, rasa buahnya manis.

Rukem

Bagi yang awam, tentu jarang mendengar nama tanaman ini. Rukem dalam bahasa latin Flacourtia rukam merupakan pohon buah-buahan yang awal mulanya ada di Kepulauan Nusantara. Rukem banyak dijadikan sebagai bakalan bonsai rukem atau bonsai rukam. Yang menjadikan rukam cocok sebagai bonsai karena mempunyai ciri khas yang unik, terletak pada bagian daun dan batangnya. Buahnya bisa dimakan segar dengan memijatnya terlebih dahulu agar tidak sepat. Di Indonesia, rukem cukup sulit ditemukan. Hanya beberapa daerah saja yang ditumbuhi rukam.

Murbei

Murbei merupakan tanaman penghasil buah yang banyak dijumpai di dataran Indonesia. Pohon murbei atau murbai menghasilkan buah menyerupai anggur, namun dengan ukuran yang lebih kecil dan rapat-rapat. Murbai banyak dijadikan tanaman bonsai oleh para penggemarnya dikarenakan mempunyai nilai seni dan jual yang tinggi.

Boxus

Dengan nama lengkap buxus sempervirens, merupakan tanaman perdu yang masuk ke dalam spesies tanaman bergunga pada genus buxus. Buxus atau boxus tersebar di berbagai negara, seperti Inggris, Meroko, dan Turki. Boxus adalah tanaman bisa Anda jadikan koleksi bonsai hiasan. Untuk mendapatkannya agak sulit, karena masih langka di Indonesia. Keunikan yang dimiliki ada pada daunnya yang kecil dan tebal serta akar dan batangnya yang alami.

Mirten

Mirten adalah tanaman berbunga dari keluarga Malpighiaceae yang berasal dari negara Karibia. Umumnya, tumbuhan bunga mirten dibuat bonsai sebagai hiasan rumah. Mirten akan menambah keindahan beberapa sudut rumah dikarenakan mempunyai bentuk daun yang unik dan juga bunga putih diikuti bunga merah.

Walikukun
Pohon walikukun dapat ditemukan di kawasan hutan di sekitaran Jawa dan Indonesia bagian Timur. Walikukun sendiri merupakan pohon kecil anggota suku Tiliaceae yang berperawakan semak, bercabang dari dekat tanah dengan pertumbuhan mencapai tinggi 25 m. Daun-daun terletak selang-seling, berbentuk lonjong yang kadang berlekuk, berambut halus, dan berwarna beda pada sisi atas dan bawah.

Kawista

Kawista adalah tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya, menyerupai jeruk. Sekarang sudah jarang ditemui kawista meski bisa tumbuh pada lahan yang buruk. Tumbuhan ini juga tahan penyakit. Kawista atau dalam bahasa Jawa-nya kawis, bisa dijadikan bakalan bonsai dengan melakukan beberapa sentuhan alami untuk menghasilkan bonsai kawista yang bernilai ekonomi tinggi.

Lohansung

Lohansung adalah pohon semak yang mirip dengan cemara, tingginya bisa mencapai 25 m. Bentuk pohonnya kerucut dengan daun-daun yang mempunyai ukuran beragam. Lohansung termasuk jenis tanaman hias bonsai terbaik yang mudah ditemukan di Indonesia. Para penggemar sengaja menjadikannya bonsai karena memilikid aun kecil dan tebal disertai ranting dan batang yang kuat. Umur bonsai lohansung bisa mencapai ratusan tahun sehingga nilai seni dan jualnya melambung tinggi.

Melati

Jika bunga melati umumnya ditanam dalam pot dengan ukuran semestinya, sekarang sudah bisa Anda buat bonsai jika ingin meletakkannya di meja pada ruang tamu untuk menghadirkan kesan asri dalam ruangan. Melati akan mengeluarkan aroma harum, terutama yang warna putih.

Sancang

Sancang mempunyai daun kecil yang berbentuk bulat, warnanya hijau mengkilap, ukurannya tebal. Tanaman sancang mudah ditemui di Indonesia. Tampilannya yang menarik menjadikan sancang cocok dibuat sebagai tanaman bonsai bagi sebagian orang, terutama penggemar bonsai.

Jambu Biji

Jambu biji dihasilkan dari pohon yang hidup di kawasan tropis, berasal dari Brasil, masuk ke Indonesia setelah melewati Thailand. Buah jambu diketahui mengandung banyak vitamin C, warnanya ada yang putih atau merah dengan rasa asam dan manis. Jambu batu juga termasuk tanaman yang banyak diminati oleh pengumpul bonsai karena bagian batangnya yang keras dan halus terbilang unik. Akar jambu biji juga indah.

Delima Batu

Delima batu adalah tanaman perdu atau rerumputan yang mempunyai duri tajam seperti jeruk kingkit. Delima bisa hidup di dataran rendah ataupun tinggi. Batang dan ranting yang unik dan daunnya yang kecil-kecil menyerupai pohon serut membuat para kolektor bonsai terpincut dengan pesonanya.

Anting Putri

Jenis tanaman untuk membuat bonsai terakhir adalah anting putri. Dengan nama latin Wrightia religiosa, merupakan tumbuhan berbunga yang mempunyai daun hijau kecil dengan warna bunga yang putih seperti melati kecil. Tanaman anting putri hidup pada beberapa habitat asli di kawasan tropis Australia, Asia, dan Afrika. Bonsai anting putri banyak dijadikan tanaman penghias rumah. Keberadaannya yang cukup langka membuat bonsai anting putri dibandrol dengan harga jual yang sangat tinggi.

Masih banyak sebetulnya jenis tanaman hias bonsai dari harga yang termurah hingga termahal di Indonesia. Beberapa tanaman memang sangat sulit ditemukan karena belum banyak yang tahu dan perlakuannya cukup sulit, terutama dalam hal perawatan. Namun hal tersebut jarang dijadikan alasan kolektor bonsai, mengingat kecintaan yang begitu besar terhadap tanaman hias yang mungil-mungil ini.

Leave a Reply